Tak Lagi di SCTV, Di Mana Bisa Nonton Liga Champions dan Liga Eropa? (Update)

Update: 19 September 2024

Per tanggal 19 September 2024, SCTV kembali menyiarkan Liga Champions setelah EMTEK Group berhasil mendapatkan sebagian hak siar dari beIN Sports. Dengan kesepakatan ini, penggemar sepak bola di Indonesia dapat kembali menikmati pertandingan Liga Champions di SCTV secara gratis, termasuk melalui platform streaming seperti Vidio, yang juga berada di bawah naungan EMTEK.

Kembalinya siaran Liga Champions di SCTV ini menjadi kabar baik bagi para penggemar yang sebelumnya harus berlangganan layanan berbayar untuk menonton pertandingan tersebut. Kini, penonton dapat menyaksikan laga-laga besar Eropa tanpa biaya tambahan.

Artikel Original

Musim baru sepak bola Eropa selalu menarik perhatian, terutama bagi para penggemar di Indonesia. Banyak yang menantikan momen di mana tim-tim besar bertarung di Liga Champions (UCL) dan Liga Eropa UEFA (UEL), ajang bergengsi antar klub di Eropa. Namun, pada musim ini, ada perubahan yang cukup besar terkait hak siar di tanah air.

Mulai musim 2024/2025, SCTV yang biasa menayangkan Liga Champions tidak lagi menyiarkan pertandingan tersebut. Hal ini disebabkan oleh EMTEK Group yang tak lagi memegang hak siar kompetisi tersebut. Kini, hak siar Liga Champions beralih ke beIN Sports, yang menjadi satu-satunya platform resmi di Indonesia untuk menayangkan pertandingan-pertandingan dari ajang tersebut.

Perubahan ini memaksa para penggemar sepak bola untuk berlangganan layanan berbayar beIN Sports CONNECT jika ingin terus mengikuti pertandingan Liga Champions yang akan mulai hari ini, 17 September 2024. Bagi beberapa penonton, ini tentu menjadi tantangan tersendiri, mengingat sebelumnya mereka dapat menikmati pertandingan secara gratis melalui SCTV.

Tidak hanya Liga Champions, Liga Eropa UEFA juga tidak akan ditayangkan oleh SCTV maupun MOJI, membuat beIN Sports sebagai satu-satunya penyedia resmi untuk kedua kompetisi tersebut di Indonesia. Hal ini tentu membuat para penggemar harus beradaptasi dengan perubahan akses pertandingan.

Meski begitu, tidak semua kabar buruk bagi para penggemar. EMTEK Group masih memiliki hak siar untuk Liga Inggris (English Premier League), sehingga pertandingan klub-klub top Inggris masih dapat disaksikan di SCTV dan MOJI. Jadi, meski kehilangan hak siar Liga Champions dan Liga Eropa, SCTV tetap menjadi rumah bagi Liga Inggris, memberikan alternatif tontonan sepak bola berkualitas bagi para penonton di Indonesia.